Daftar Berita ASRAMA", menampilkan 5 berita...

ASRAMA

ASRAMA PUTRI AFISKU ADAKAN PELATIHAN FARDHU KIFAYAH

Kubu Raya, 17 Maret 2024 – Asrama Putri Al-Fityan School Kubu Raya menyelenggarakan Pelatihan Fardhu Kifayah, sebuah kegiatan khusus yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan praktek langsung kepada siswi kelas IX SMP dan XII SMA tentang cara mengurus jenazah. Dalam kegiatan ini, siswi-siswi Al-Fityan diberi kesempatan untuk memahami dan melakukan tugas-tugas fardhu kifayah seperti memandikan, mengkafani, dan mensholatkan jenazah. Agenda penyelenggaraan Pelatihan Fardhu Kifayah terdiri dari beberapa kegiatan, di antaranya pembukaan, penyampaian materi oleh Yayasan Fardhu Kifayah Ummu Athiyyah Al-Anshariyyah, dan penutup. Acara ini dilaksanakan pada hari Ahad, 17 Maret 2024, di Asrama Putri Al-Fityan School Kubu Raya, dimulai pukul 08.00 hingga jam 12.00. Dalam sesi penyampaian materi, siswi-siswi mendapat pencerahan dan bimbingan langsung dari para ahli dari Yayasan Fardhu Kifayah Ummu Athiyyah Al-Anshariyyah tentang proses pengurusan jenazah sesuai dengan tuntunan agama. Mereka diajarkan langkah-langkah yang harus diambil dalam mengurus jenazah dengan penuh kehati-hatian dan rasa tanggung jawab.

ASRAMA

TARHIB RAMADHAN ASRAMA PUTRI AFISKU

Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan (HR Ahmad). Asrama Putri Al-Fityan School Kubu Raya menggelar acara Tarhib Ramadhan dengan penuh kehangatan dan semangat. Acara ini merupakan bagian dari persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan yang suci bagi umat Islam. Salah satu momen yang menjadi sorotan dalam rangkaian kegiatan adalah pawai obor yang diadakan pada malam hari. Pawai obor pada hari kamis 7 maret 2023, dimulai tepat pukul 20.00 di mana para siswi dari Asrama Putri Al-Fityan berbaris memegang obor yang menyala, melintasi jalan raya dengan penuh kegembiraan. Momen ini tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat persaudaraan antar siswi, tetapi juga sebagai pengingat akan kehangatan dan spiritualitas bulan Ramadhan yang akan segera tiba.

ASRAMA

ASPA AFISKU LAKSANAKAN RIHLAH MUTAMAYYIZIN AL QUR'AN

Rihlah Mutamayyizin Al-Qur'an merupakan salah satu program takhassus Al-Qur'an sebagai bentuk apresiasi dan peningkatan motivasi penghafal Al-Qur'an. Anggota Takhassus Qur'an terdiri dari siswa SMP dan SMA yang memilih fokus menghafal Qur'an sembari menjalankan kewajiban sebagaimana siswa lainnya. Rihlah Mutamayyizin Al-Qur'an ini terlaksana pada Senin, 04 Maret 2024, yang diikuti oleh seluruh peserta takhassus putra turut pula didampingi oleh Musyrif Tarbawi, Kepala Asrama dan Pembina Asrama. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dari tempat bepergian sampai dilokasi, yaitu ke Pantai Samudra Indah dan kembali ke Al-Fityan. Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana siswa mengenali lingkungan mereka. Sembari merefresh kegiatan selama menghafal Al-Qur'an dengan nuansa berbeda yaitu di alam, sesuai tujuan yg telah ditetapkan. Dikuatkan dengan nasihat yang disampaikan oleh Ustadz-Ustadz agar kembali bersemangat berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi Al-Fityan dengan program takhassus yang sudah dijalankan. Semoga dengan kegiatan ini terus memberikan semangat dan silaturahim sesama siswa dan juga para pembina untuk saling berjuang, saling membantu dan tentunya berprestasi dalam bidang Al-Qur'an baik dunia dan akhirat.

ASRAMA

MABIT ASRAMA PUTRA AL-FITYAN SCHOOL KUBU RAYA

Al-Fityan School Kubu Raya menggelar acara MABIT (malam bina iman dan taqwa) yang penuh makna dan kebersamaan. Acara MABIT merupakan agenda rutin yang di laksanakan pada setiap semester. Para siswa mengisi malam dengan kegiatan positif dan bermanfaat agar dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari kepala asrama yang memotivasi siswa untuk menjalankan malam yang penuh kebersamaan dan introspeksi diri. Tidak hanya itu, acara MABIT juga di isi dengan acara ceramah yang bertema “dengan taqwa semua ada jalan keluarnya” oleh ustadz Sufi Mubarok Rahman, S.E Al Hafidz. Di lanjutkan dengan tadarus al-qur'an, qiyamul lail, sholat shubuh dan membaca al-matsurat berjamaah serta diakhiri dengan senam pagi. Acara MABIT di Alfityan School Kubu Raya tidak hanya menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan antar siswa, tetapi juga sebagai ajang kesempatan untuk memperkuat spiritualitas dan meningkatkan ketaatan terhadap agama.

ASRAMA

RIHLAH TAKHASSUS QUR'AN ASRAMA PUTRI AFISKU

Rihlah Takhasus Quran Asrama Putri Al-Fityan Kubu Raya Kubu Raya, 18 Februari 2024– Program takhasus Quran menjadi salah satu wujud apresiasi dan peningkatan motivasi bagi para penghafal Al-Quran di Asrama Putri Al-Fityan Kubu Raya. Anggota takhasus Quran terdiri dari siswi SMP dan SMA yang memilih untuk fokus menghafal Al-Quran sambil menjalankan kewajiban sebagaimana siswi lainnya. Pada tanggal 18 Februari 2024, seluruh peserta takhasus putri memulai perjalanan Rihlah Takhasus Quran ke Singkawang. Didampingi oleh Musyrif Tarbawi dan pembina asrama putra dan putri, perjalanan selama dua hari ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat semangat dan motivasi dalam menghafal Al-Quran. Kegiatan inti dilaksanakan di Pantai Samudra Indah, para peserta juga diajak untuk mengunjungi beberapa pusat wisata dan pembelanjaan di Kota Singkawang. Hal ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi para peserta untuk merasakan momen bersantai dan berlibur, tetapi juga sebagai sarana untuk merefresh semangat dan merefleksi setiap aktivitas yang dilaksanakan.