12 Des
Admin
14:11 WIB

PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (KELAS X) SMAIT AFISKU

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas X Tema Gaya Hidup Berkelanjutan 

Judul Proyek : “CERDIK” (Cerdas Ekonomi Remaja Demi Investasi Kedepan) - SMAIT Al-Fityan

Tujuan kegiatan : Setelah melakukan projek ini, peserta didik dapat membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mengelola keuangan pribadi guna menghindari gaya hidup konsumtif demi menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah permasalahan lingkungan. 

Dimensi yang hendak dicapai pada tema ini yaitu dimensi Mandiri dan  Beriman bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia, dan elemen yang hendak dicapai yaitu regulasi diri dan akhlak kepada alam, dengan sub elemen mengembangkan pengendalian dan disiplin diri  dan memahami keterhubungan ekosistem bumi. 

Adapun rangkaian kegiatan P5 tema gaya hidup berkelanjutan ini adalah sebagai berikut : 

Pada pertemuan pertama pelaksanaan P5 dengan tema gaya hidup berkelanjutan ini, Murid mendapatkan orientasi dari guru untuk persamaan persepsi terkait Persiapan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi dari pelaksanaan P5 yang dilakukan pada tanggal 18 Sampai 22 November 2024. Selanjutnya Pada tahapan kontekstual murid mendapatkan Materi tentang “perencanaan keuangan agar siswa tidak konsumtif” dan “Menghindari hidup konsumtif untuk menjaga kelestarian lingkungan” yang disampaikan oleh Ibu Erika selaku arasumber dari BSI dan Bapak Harry Dirgantara,S.Pd selaku pegiat lingkungan dan pengusaha muda.

Pada tahapan aksi, Murid diminta untuk menulis dan mendata kebutuhan dan pengeluaran serta mereka mampu memilah pengeluaran mana saja yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Setelah itu secara berkelompok murid membuat rancangan pengeluaran yang termasuk kebutuhan dan keinginan sesuai dengan uang jajan yang mereka miliki di setiap bulannya. Dengan output dari diskusi kelompok berupa murid membuat karya berupa mind map tentang mengelola keuangan agar tidak hidup konsumtif yang menghasilkan sampah lingkungan.

Pada tahapan presentasi dana refleksi, Murid masing-masing kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok tentang perencanaan keuangan dan pengelolaan sampah yang mereka hasilkan selama berada di asrama maupun sekolah.