29 Sep
Admin
07:24 WIB

LOMBA PHYTOPLASM KE-XIV SMAIT AL FITYAN SCHOOL KUBU RAYA

Telah dilaksanakan Lomba Poster Ilmiah Pelajar dan Medical Science Competition (MSC) dalam rangka kegiatan Phytoplasm ke-XIV. Rangkaian lomba ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF) Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak dengan skala Nasional.

SMAIT Al-Fityan Kubu Raya menurunkan 6 siswa-siswi terbaik pada Lomba Poster Ilmiah yang terbagi menjadi 2 tim. Tim ikhwan diwakili oleh Tegar Febri Handika, Eka Nanda Wijaya, dan Bintang Muhaimi Gunsa yang membuat poster dengan tema “Mari Mengenal Skizofrenia”. Sedangkan tim akhwat diwakili oleh Farah Ichsan, Dinda Syahri, dan Nurul Nurhaliza yang membuat poster dengan tema “Let’s Beat Bulimia Nervosa”.

Selain itu, 12 siswa-siswi pilihan turut mewakili dalam bidang lomba MSC dimana bidang pelajaran yang dipertandingkan adalah Biologi, Kimia, dan Fisika. Mereka adalah Muhammad Dzaki Al Fakhri, Muhammad Habibi Al Kayyisi, Muhammad Yuva Bayakmiko, Arya Winata, Naufal Ihsandi, Balqis Virzaara, Muthia Bonita Meilany Putri, Nurhidayah, Laura Dwi Ranny, Alyssa Nadia Putri, Diva Aulia Hannan, dan Namira Zaskiya Riani. 

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu dari tanggal 24-25 September 2022 dan dilaksanakan secara online via zoom meeting. Walaupun begitu, tidak menyurutkan semangat para siswa-siswi untuk berkompetisi dan memberikan usaha terbaiknya.

Untuk lomba Poster Ilmiah, babak pertama (semifinal) merupakan babak penyisihan karya dimana poster yang telah dikirimkan dinilai melalui banyaknya vote yang didapatkan melalui instagram resmi Phytoplasm XIV (@phytoplasm2022) dan juga penilaian kreativitas dari juri.

Total peserta saat itu adalah 17 tim. Selanjutnya, 10 tim yang mendapat nilai terbaik dari juri melaju ke babak final, 2 diantaranya adalah tim dari SMAIT Al-Fityan Kubu Raya. Babak final dilaksanakan pada tanggal 24 September 2022 dimana seluruh tim melaksanakan presentasi dihadapan para juri. Presentasi berjalan sangat lancar tanpa kendala, bahkan kedua tim mendapatkan komentar yang sangat bagus dari para juri. Berdasarkan akumulasi nilai pada babak semifinal dan final, SMAIT Al-Fityan Kubu Raya berhasil meraih juara 1 (tim ikhwan) dan juara 3 (tim akhwat) pada Lomba Poster Ilmiah tahun ini.

Untuk bidang lomba MSC, dari 12 perwakilan, 6 orang diantaranya berhasil menembus babak 10 besar. Selanjutnya, mereka bertanding pada babak semifinal dan 2 orang diantaranya berhasil menembus babak 5 besar untuk kembali bertanding di babak final, yaitu Muhammad Dzaki Al Fakhri dan Muhammad Habibi Al Kayyisi. Berdasarkan hasil penilaian juri pada babak final, Muhammad Habibi Al Kayyisi berhasil meraih juara 3.

Dengan total perolehan juara yang didapat oleh SMAIT Al-Fityan Kubu Raya, maka dengan ini tim SMAIT Al-Fityan Kubu Raya mendapatkan penghargaan sebagai Juara Umum pada rangkaian Phytoplasm XIV tahun 2022 dan berhasil merebut piala bergilir dari Gubernur Kalimantan Barat.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi SMAIT Al-Fityan Kubu Raya mendapatkan predikat sebagai Juara Umum dalam ajang lomba yang cukup bergengsi, terlebih ini adalah lomba berskala Nasional. Hal ini dirasa mampu memberikan udara segar bagi siswa/i yang lain agar senantiasa termotivasi mengikuti kompetisi dan kembali mengharumkan nama Al-Fityan di kancah kabupaten, provinsi, bahkan nasional.